19
Agu
09

Global Warming


Di ruang ini saya mencoba untuk mengungkap suatu hal yang kadang menjadi polemik (khususnya di Indonesia) untuk di revisi (karena, hal ini kadang dibahas dan kadang tidak). jadi, saya berharap anda bersedia meluangkan waktu untuk membaca artikel ini sampai akhir, karena anda pasti akan memberikan ekspresi tentang artikel ini (semoga 🙂 ).

okey … kita mulai …

global-warming-earthPemanasan global adalah suatu keadaan dimana suhu di permukaan bumi menjadi lebih panas dibanding suhu normal. Pemanasan global hanya sebuah wacana sekitar sepuluh tahun yang lalu. Akan tetapi, sekarang pemanasan global adalah suatu kenyataan yang harus dihadapi oleh seluruh umat manusia. Sudah banyak fakta-fakta yang menunjukkan bahwa pemanasan global telah terjadi.

Pemanasan global telah menyebabkan berbagai perubahan iklim di berbagai belahan di dunia seperti gangguan proses hidrologi, pemanasan wilayah yang sangat drastis, dan terancamnya berbagai wilayah di dunia dengan kekeringan, tenggelamnya berbagai wilayah dan lain-lain. Dapat anda lihat bahwa hampir seluruh efek dari pemanasan global buruk. Akan tetapi, mungkin tidak semua efek buruk. Menurut penelitian, pemanasan global mungkin dapat menolong berbagai vegetasi di Gurun Sahara. Dengan umpan balik diantara atmosfer dan vegetasi-vegetasi di Gurun Sahara yang saling menguntungkan, dan dengan sedikit tambahan curah hujan yang diakibatkan oleh pemanasan global, Gurun Sahara mungkin akan kembali subur karena mengalami penghijauan. Akan tetapi, kembali suburnya Gurun Sahara telah tertulis dalam Al-Qur’an sebagai salah satu tanda-tanda kiamat besar.

.

Di bawah ini artikel buat di sekolahan.

global-warmingSegala sumber energi yang terdapat di Bumi berasal dari Matahari. Sebagian besar energi tersebut dalam bentuk radiasi gelombang pendek, termasuk cahaya tampak. Ketika energi ini mengenai permukaan Bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan Bumi. Permukaan Bumi, akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Sebagian dari panas ini sebagai radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar. Namun sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap air, karbon dioksida, dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi. Hal tersebut terjadi berulang-ulang dan mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat. Gas-gas tersebut berfungsi sebagaimana kaca dalam rumah kaca. Dengan semakin meningkatnya konsentrasi gas-gas ini di atmosfer, semakin banyak panas yang terperangkap di bawahnya.

.

lebih gampangnya baca artikel berikut:

Bumi berbentuk oblate spheroid, yang berarti diameter ekuator lebih panjang daripada diameter kutub. Bumi berrotasi pada sumbunya dari barat ke timur, dan Bumi berrevolusi mengelilingi Matahari dengan orbit yang berbentuk ellips. Pada titik terdekat (perihelion), jarak Bumi dan Matahari 147.000.000 km dan terjadi pada bulan Juli, sedang pada titik terjauh – yang disebut aphelion, berjarak 150.000.000 km dan terjadi pada bulan Januari. Fakta lain adalah bahwa sumbu rotasi Bumi membentuk sudut 23,5o terhadap bidang orbit Bumi.

Bentuk bumi bulat menyebabkan penyerapan radiasi sinar Matahari oleh Bumi berkurang sesuai dengan perubahan posisi lintang dari ekuator ke kutub (Gambar 8). Selanjutnya, posisi sumbu rotasi Bumi yang menyudut 23,5o terhadap bidang orbit Bumi menyebabkan terjadinya variasi penyinaran tahunan di permukaan Bumi (Gambar 9). Variasi pemanasan Bumi ini mengendalikan sirkulasi samudera dan  siklus hidrologi, dan juga sirkulasi atmosfer. Sirkulasi atmosfer adalah konsekuensi dari ketidakseimbangan panas di permukaan Bumi yang terjadi karena perbedaan intensitas penyinaran yang telah dibicarakan di atas, dan gerak rotasi Bumi.

gambar 8

Gambar 8

Variasi intersitas penyinaran Matahari terhadap permukaan Bumi sebagai akibat dari perbedaan posisi lintang.

Perbedaan intersitas penyinaran itu menyebabkan perbedaan energi panas dari Matahari yang diterima oleh Bumi sesuai dengan posisi lintang suatu tempat di permukaan Bumi. Sumber: Berner dan Berner (1987).

gambar 9

Gambar 9

Gerak revolusi Bumi terhadap matahari dan posisi sumbu rotasi Bumi yang membentuk sudut 23,5o terhadap bidang orbit Bumi menyebabkan perubahan musim sepanjang tahun. Sumber: Berner dan Berner (1987).


.

jadi …

Pemanasan global atau global warming merupakan masalah serius yang sedang mengancam bumi kita saat ini. Salah satu akibat dari pemanasan global adalah rusaknya lapisan Ozon dan perubahan iklim yang tidak menentu. Ozon adalah lapisan mantel bumi,yang berfungsi melindungi bumi beserta isinya dari sinar ultra violet secara langsung. Bisa dibayangkan jika tidak ada lagi lapisan ozon yang melindungi bumi, maka tidak akan ada lagi siklus kehidupan.

Pernahkah kita semua memikirkan, bagaimana keadaan ozon saat ini? Menurut penelitian para ilmuwan dunia, lapisan ozon telah mengalami penipisan dari tahun ke tahun. Bahkan katanya saat ini sudah ada lubang ozon di dareah Arizona. Lubang ozon itu terbentuk karena adanya dampak dari pemanasan global (global warming), efek rumah kaca dan lainnya. Bila ada lubamg ozon berarti di situlah sinar UV memancarkan sinarnya secara langsung, tanpa adanya penyaring (lapisan Ozon). Semua mahkluk hidup di bumi tidak akan mampu bersentuhan langsung dengan sinar UV tersebut. Cahaya matahari yang kita terima/rasakan setiap hari, sudah merupakan hasil penyaringan dari ozon. Sehingga sudah tidak bebrbahaya lagi bagi manusia dan mahkluk hidup lainnya di muka bumi.

gambar bumi

Perubahan iklim yang tidak menentu akibat dari pemanasan global sudah banyak dirasakan saat ini. Beberapa daerah di indonesia telah mengalami curah hujan yang sangat rendah sehingga terjadi krisis air (kekeringan). Sedangkan di daerah lainnya malah curah hujan yang sangat tinggi sehingga terjadi banjir dan tanah longsor.

.

well ….. ???!! lihatlah di sekeliling kita, kita berada dimasa yang kondisinya sangat memprihatinkan, dan ini adalah masalah yang sangat-sangat serius yang harus kita tindak lanjuti. Pernahkah kita melihat para petinggi negara yang sangat serius menangani hal ini ? ada, banyak, tetapi semua itu hanya di tampilkan di layar kaca hanya sekilas saja. Bahkan, parahnya, malah sebagian (para petinggi) dari kita ada yang -menjual- kekayaan bumi hanya untuk kepentingan mereka sendiri,  pembabatan hutan, penebangan kayu ilegal, adalah contoh dari penyebab semua itu. Siapa yang harus disalahkan? Dia, Mereka, Kita. Bukankah masa depan kehidupan adalah milik kita semua? jadi, kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menyelamatkan bumi yang kita kita tempati ini? kapan lagi? menunggu apa?

.

SAVE OUR PLANET!!!

SELAMATKAN BUMI KITA !!!

.

Jangan menunggu perintah untuk hal satu ini, kita tegaskan sekali lagi, Jangan menunggu!!! karena diri kita sendiri yang memutuskan!

.

Bagaimana menurut anda artikel diatas?

.

.

Bagaimana kalau yang berikut  ini?

confused0006

.

.

loading ……………………………………………………………………..ngacir

loading

.

.

sabar  ………………….

avatar1004912_2

.

.

.

.

.

.

.

sabarrrrrrrrrrrr  ………………….

.

avatar1004912_2

.

.

.

.

.

LIHATLAH FAKTA-FAKTA AKIBAT DARI PEMANASAN GLOBAL DIBAWAH INI !

.

global.2.

hmmm… bagaimana efek yang di timbulkan pada tahun setelah 1190?

tahun 2000?

.

tahun 2001?

.

tahun 2002?

.

dan seterusnya…

.

sampai sekarang?

.

so… don’t go anywhere…..

CEK DIS AUT BEYBEH !!!

smiley-view

.

pemanasan-global.kartun

.

.

butterfly

.

HEHEE… gambar-gambarnya mulai aneh yaa??????

.

0logo_attention

.

ATTENTION !!!

Berpikirlah positif, karena pikiran yang negatif bisa merusak otak kita !!!

Jangan terlalu berlebihan dalam menilai tulisan ini, karena semua yang saya sampaikan adalah memberikan suatu informasi yang bersifat menghibur, tanpa ada maksud untuk melecehkan pihak-pihak tertentu.

.

Jadi…???

.

Lanjut Aja…!!

bagaimana kalau yang berikut ini, apakah menurut anda gambar di bawah ini adalah merupakan efek dari pemanasan global juga ?????

mini.2

.

ADA LAGI NIH !!!

.

mini

.

gumun.animated

.

JIAA …….HA………. HA………… HA………. HAAAAAA…………..

.

ITU SEMUA EFEK DARI PEMANASAN GLOBAL !!!!!!!

.

OLRET BEYBEH ??!

.


2 Tanggapan to “Global Warming”


  1. Oktober 7, 2009 pukul 4:25 am

    saya setuju dengan SELAMATKAN BUMI KITA!!!!!!!!1
    tapi gambar dibawahnya itu maksudnya apa ya?
    terimakasih..

    • November 2, 2009 pukul 6:13 am

      itu efek dari global warming,saya realisasikan aja, pendekatan visualisasi, biar pemahamannya lebih dekat.
      g ada maksud apa2, cm ingin membawa kita trhadap kondisi d sktr kita,
      baik itu kondisi lingkungan maupun kondisi masyarakat.
      gitu???


Tinggalkan komentar


bulan ini

Agustus 2009
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  


dapatkan info yang sesuai dengan kebutuhan anda, tetapi silahkan anda untuk masuk lebih jauh lagi dalam menu menu yang kami sajikan

arsip

yang udah mampir

  • 82.059 hits