19
Agu
09

Penghijauan di Pacitan


Penghijauan di Pacitan.

Kegiatan penghijauan yang sedang digalakkan saat ini bukan semata bertujuan untuk konservasi alam, melainkan juga untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Hal ini dilakukan dengan diversifikasi bibit pohon yang ditanam.

Forest - pacitanSeperti dijelaskan kepala Dinas Kehutanan Dan Perkebunan Pacitan, Suyatno. Mulai tahun ini pihaknya menetapkan dari keseluruhan bibit penghijauan 20% diantaranya merupakan jenis buah-buahan. Pola tanam seperti itu, kata Suyatno akan membuat hutan rakyat lebih lestari. Pasalnya, tanaman hanya dipetik buahnya tanpa menganggu pertumbuhan pohon. “Itu sudah masuk dalam perencanaan dan mulai tahun ini kita realisasikan”. Tegas Dia.

Sebagai uji coba, lanjut Suyatno, model penghijauan tumpangsari tersebut telah dilaksanakan di kawasan Bukit Gandrung, Desa Pakis baru, Kecamatan Nawangan. Dan menurut rencana akan dikembangkan lagi di wilayah kecamatan lain dengan lahan kritis luas.

Berdasarkan kajian, beberapa jenis tanaman buah memang cocok untuk penghijauan, antara lain; sukun, mlinjo, jeruk, rambutan dan durian. Selain mampu menyerap air, jenis tanaman tersebut memiliki akar kuat yang mampu menahan erosi.

.

Tahun 2010 Perusak Lingkungan dimasukkan Penjara.

pembabatan liar

Menteri Negara Lingkungan Hidup RI Rahmat Witoelar memastikan, mulai 2010, para pelaku perusak dan pencemar lingkungan masuk penjara. “Tahun depan, pelaku perusak lingkungan dipastikan masuk penjara, mereka dijamin tidak bakal lolos lagi dari jerat hukum,” katanya di Padang, Sabtu 15/8/09.
Rahmat berada di Padang sebagai Keynote Speaker di acara Seminar Governance dalam Penataan Ruang Pulau Sumatera, diadakan Walhi Sumatera Barat beserta sejumlah LSM lingkungan se-Sumatera. Rahmat menjamini ini bukan gertak sambal, seraya menunjuk persiapan pemerintah mengenai undang-undang terbaru pengganti UU No 27 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan.

“Namanya, UU Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup,” katanya.

hutan gundulMenurut dia, undang-undang lingkungan baru tadi, sengaja dirumuskan sebagai penyempurna dari UU No.27/1997 yang dianggap mandul karena tidak mampu menjebloskan pelaku perusak lingkungan ke penjara. Buktinya, dari 60 sampel kasus temuan pencemaran dan pengrusakan lingkungan yang dilimpahkan ke penyidik berwenang, 59 sampel ditemui lolos alias bebas di pengadilan.

“Ini sebuah bukti kalau sejumlah pasal dalam UU No.27/1997 masih lemah, dan butuh dipertegas,” katanya.

.

Semoga !!!

dananya sebagian besar buat nyewa pengacara ungkap koruptor, giliran soal lingkungan  gak kebagian tuh. Bayangkan, dari tahun 1997, udah 12 tahun bozz !

.

Dephut Hijaukan 9,1 juta Ha Hutan.

mobil-log-hph-pt-itciDepnakertrans dan Departemen Kehutanan menjalin kerja sama dalam bentuk program konsep Hutan Tanaman Pangan yang dikaitkan dengan program transmigrasi dalam konsep Kota Terpadu Mandiri (KTM) untuk menghijaukan kembali 9,1 juta hektare hutan Indonesia yang gundul. Menurut Menakertrans, Erman Suparno, KTM hutan tanaman pangan juga akan membuat Indonesia pada lima tahun ke depan menjadi pengekspor kayu dan menghilangkan praktik “illegal logging” (pembalakan liar).

Menteri juga berharap Bappenas dan Lemhanas bisa bekerja sama dalam menangani kebijakan-kebijakan nasional terutama masalah transmigrasi, mengingat program ini merupakan salah satu cara untuk pemerataan pendudukan dan pemberdayaan ekonomi. Masing-masing keluarga transmigran yang ikut program KTM, kata Erman, akan mendapat 5-12 hektare yang sebagian ditanami tanaman industri, dan lainnya diolah menjadi ladang perkebunan. “Warga akan mendapat tunjangan hidup selama lima tahun, yaitu dua tahun ditanggung Depnakertrans dan tiga tahun ditanggung oleh Departemen Kehutanan,” kata Erman.

“Dampak positif lainnya, kawasan transmigrasi mengusung potensi daerah, dan kemudian menjadi pusat ekonomi baru. Pemerintah daerah sangat antusias mendukung penerapan transmigrasi paradigma baru dengan konsep KTM,” kata Erman.

.

“jadi, bagaimana menurut anda kondisi alam saat ini? lalu, bagaimanakah kita mengambil peranan dalam penghijauan kembali hutan kita?”

bagaimana menurut anda bila melihat kondisi hutan kita seperti dibawah ini:

hutan tropis4

.

dan yang ini…

.

hutan tropis1

.

yang ini juga…

.

Hutanmangrove

.

terus, kalo yang dibawah ini….??

.

hutan tropis2

.

gambarnya dah mulai aneh yaaaa…………..

.

ada lagi nih……

lewati tombol

tombol power

ada loading nih……

loading

.

loading………10%

.

loading………20 %

.

loading……… 50%

.

loading………80%

.

loading………99%

.

01_pameran kartun

.

jangan mlongo kayak dibawah ini,

gak baek buat kesehatan !!!

monyet4

.

lanjut……… (loadingnya)

.

loading

.

hutan tropis3

.

loading lagi………..

loading

.

error

.

loading lagi………..

loading

.

Terus kalo gundul yang dibawah ini gimana??????

.

botak ronaldo

.

Yang penting masih sesuai tema: Hutan Gundul.

.

laughing-cat

AAAA….. HA HA HA HA HAAAAAAAAA…………..

.

loading

.


2 Responses to “Penghijauan di Pacitan”


  1. 1 bocah peduli hutan
    Oktober 11, 2009 pukul 10:42 pm

    tingkatkan terus penjagaan hutan di pacitan…. juga di seluruh indonesia…. merupakan tanggungjawab kita bersama merubah sikap masyarakat untuk senantiasa melestarikan hutan demi keberlangsungan hidup di masa mendatang

    • November 2, 2009 pukul 6:22 am

      iya, usaha pemerintah setempat perlu kita acungi jempol, tp itu semua nmpakny belum juga menyadarkan masyarakat kebanyakan,
      khusus daerah pacitan, memang agak sulit untuk menciptakan ‘Pacitan Hijau’ secara merata, karena faktor tanah yang kebanyakan mengadung kapur.
      tp kita bisa menyadarkan (atau lebih tepatnya; mengingatkan) ‘lagi’ masyarakatnya dengan program Apotik Hidup.
      kira2 masih ingat g ya program ini?????
      kalau anda asli penduduk pacitan, salam kenal buat anda…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


bulan ini

Agustus 2009
S S R K J S M
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  


dapatkan info yang sesuai dengan kebutuhan anda, tetapi silahkan anda untuk masuk lebih jauh lagi dalam menu menu yang kami sajikan

arsip

yang udah mampir

  • 62,942 hits

%d blogger menyukai ini: